Connect with us
pasang

Ekspos Sulbar

Atasi Banjir Sinar Wajo, Pemkab Genjot Pembangunan Bendungan di Pedanda

Ekspos Pasangkayu

Atasi Banjir Sinar Wajo, Pemkab Genjot Pembangunan Bendungan di Pedanda

ekspossulbar.com,PASANGKAYU– Pemkab telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi banjir di Dusun Sinar Wajo, Desa Karya Bersama, Kecamatan Pasangkayu, yang saban tahun menggenang karena luapan Sungai Sulu. Salah satunya membangun bendungan sungai di wilayah Desa Pedanda, Kecamatan Pedongga.

Kepala BPBD Pasangkayu Muliadi Halim menyampaikan pembangunan bendungan itu telah dimulai sejak 20 Juli. Besaran anggaran Rp 8 milyar lebih. Bersumber dari APBN. Pembangunannya terus digenjot. Hanya saja, karena faktor alam, proses pembangunan kemungkinan akan menyeberang tahun.

” Luapan air sungai yang cukup tinggi karena hujan dibagian hulu menjadi kendala pembangunan bendungan, makanya kemungkinan pengerjaannya menyeberang hingga tahun 2021. Bendungan yang dibangun di sungai Sulu ini nanti, akan menghambat air sungai ke Dusun Sinar Wajo, sehingga disana tidak menjadi langganan banjir lagi” jelasnya saat kunjungan monitoring bersama Kejari Pasangkayu, Senin 9 November.

Kasi Datun Kejari Pasangkayu Jul Indra Dhana Nasution yang ikut dalam monitoring itu menyampaikan bahwa proyek pembanguan bendungan itu merupakan dampingan Kejari Pasangkayu. Kata dia karena kendala alam, perampungan proyek itu memang butuh dukungan dari semua pihak dan pimpinan daerah.

” Pengerjaannya mungkin menyeberang tahun depan. Jadi butuh dukung anggaran tambahan dari daerah. Anggaran yang dipakai sekarang kan, anggaran hibah dari pemerintah pusat. Panjang bendungan ini sekira 120 meter” tambahnya.

Nampak hadir pula dalam kegiatan monitoring itu, Kepala Kejari Pasangkayu Imam MS Sidabutar, dan Sekkab Firman, serta pihak rekanan.(has)

Continue Reading
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekspos Pasangkayu

Loading...
To Top