Connect with us
pasang

Ekspos Sulbar

Ratusan UMKM Ramaikan PIFAF 4

Foto: Firdaus Paturusi

Ekspos Mamuju

Ratusan UMKM Ramaikan PIFAF 4

ekspossulbar.com, Polman – Pelaksanaan Polman Internasional Folk Art Festival (PIFAF) ke 4 yang dirangkaikan dengan Polman Expo telah resmi dibuka Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar yang dipusatkan di area Stadion S.Mengga, Kamis 1 Agustus.

Kadispop Polman Andi Masri Masdar membeberkan, dari tahun 2018 terdapat kunjungan wisataan domestik sebanyak 441.000 dan Wisata Mancanegara 745.

“Kita targetkan tahun semakin bertambah lagi. Apalagi sudah banyak wisatawan luar negeri berkunjung ke Polman salah satunya asal Jepang yang saat ini berada di perkampungan masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengucapkan terimakasih karena PIFAF sudah masuk kalender nasional, sehingga bukan hanya Pemkab menganggarkan pembiayaannya, namun dibantu dari Kementerian dan Pemprov.

“Semua biaya ditanggung Kementerian dan Pemprov Sulbar. Kita hanya tambah-tambahi saja sekira Rp.200 juta. Semua UMKM di Polman Expo diikuti berbagai pengusaha dari tiga provinsi, Sulbar, Sulsel dan Sulteng, makanya kita tidak bisa ubah-ubah jadwal,” sebutnya.

Dirinya juga mengajak semua elemen masyarakat Polman untuk sama-sama menyukseskan PIFAF 4, apalagi sudah dilaksanakan selama tahun.

“Saya mengajak membuat sesuatu agar bisa menambah pendapatan daerah demi pembangunan daerah kedepan,” harapnya.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menuturkan acara tahunan PIFAF diharapkan bisa membuka pendapatan daerah dan UMKM lokal semakin baik serta meningkat.

“Kita akan evaluasi pelaksanaan PIFAF, termasuk juga para budayawan dan penggiat seni semakin meningkatkan kreatifitasnya, apalagi Polman selalu tampil di nasional dan selalu keluar sebagai juara. Semoga ini terus ditingkatkan sehingga kita sama-sama majukan Sulbar,” paparnya.

Perwakilan Presiden CIOFF Indonesia Amar Fahrisal yang hadir dalam kegiatan tahunan ini mengatakan, event yang bertaraf nasional tidaklah mudah dilaksanakan, namun dengan kerja keras Pemkab dan seluruh instansi terkait sehingga PIFAF bisa dilaksanakan lagi tahun ini.

“Ini juga berkat antusias masyarakat sehingga ini bisa dilaksanakan. Kepada semua negara peserta hadir selamat datang,” kata Amar.

Ia menyebut, dengan terbangunnya kerjasama baik dengan pemkab Polman, sehingga PIFAF terus dilakasanakan. “Kita sangat bangga dan bisa menjadi parner dengan Pemkab. Semoga kegiatan ini berjalan lancar karena kami yakini ini bagian dari cela memperkenalkan budaya dan kesenian kepada internasional,” tambahnya.

Sedangkan, Koordinator Calendar of Events (CoE) Kemenpar RI Arya Raseno menyampaikan beberapa kali dirinya hadiri festival, namun di Polman ini paling luar biasa.

“Semoga tahun depan negara hadir bisa bertambah, apalagi kegiatan ini masuk kalender nasional. Harapan kami semoga kita semua memberikan yang terbaik kepada peserta dan semakin banyak wisatawan ke Polman kedepannya. Apalagi ada 400 lebih UMKM yang ada di PIFAF dari tiga provinsi yang hadir di Polman untuk ikut meramaikan,” tandas Arya. (fir)

Source: Referensi.online

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekspos Mamuju

To Top