Connect with us
pasang

Ekspos Sulbar

Pemkab Mamuju Sambut Pergantian Tahun dengan Nuansa Religi

Foto: KIP Kominfo Mamuju

Ekspos Mamuju

Pemkab Mamuju Sambut Pergantian Tahun dengan Nuansa Religi

ekspossulbar.com, MAMUJU – Peringatan menyambut tahun baru 2019 bakal berbeda dengan tahun sebelumnya. Dengan mengawali sejumlah rangkaian peringatan menyambut pergantian tahun, Pemkab Mamuju telah menjadwalkan kegiatan khatam Al-Quran Massal yang ditargetkan akan menghadirkan lima ribu orang santri di Anjungan Pantai Manakarra. Selain itu kegiatan yang akan dilaksanakan mulai pagi (Senin, 31/12/2018, red) akan dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW, 1440 H.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid menyebutkan, upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju melaksanakan berbagai item kegiatan bernuansa religi dimaksudkan untuk membangun paradigma pembangunan yang berimbang antara pembangunan fisik dan pembangunan mental spiritual.

“Alhamdulillah tahun ini kita sudah gencarkan sejumlah pembangunan fisik seperti pembangunan jalan dan drainase dalam kota yang terus diperbaiki. Selain itu pembangunan juga kita secara bertahap di lakukan juga di Kecamatan, dan tahun ini ada dua pembangunan jalan di Kecamatan yang telah kita tuntaskan, dengan anggaran yang cukup besar, jalan di Kecamatan Tommo dan kecamatan Tapalang Barat telah berhasil menghadirkan akses yang sangat dibutuhkan masyarakat,” papar Habsi.

Lanjut Bupati, ada pula pembangunan sarana perkantoran untuk meningkatkan pelayanan publik seperti pembangunan kantor DPRD Mamuju, maupun pembangunan kantor BPKAD dan Bapepan. Yang teranyar sudah kita resmikan ada pembangunan Markas layanan kedaruratan 119 Publik Service Center atau SIGA yang berada di jalan Ahmad Yani, Mamuju.

“Dari itu semua tentu kita berharap akan lahir layanan pemerintah yang semakin bersahabat dengan rakyat serta dapat merangsang peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dengan demikian kita hendaknya jangan larut pada satu aspek pembangunan yang bersifat fisik saja, karena keberhasilan pembangunan baru akan berarti secara utuh jika di imbangi dengan keberhasilan aspek lain secara non materil yakni pembangunan mental spiritual. Perlahan sudah kita galakkan dengan berbagai model mulai dari ajakan memakmurkan masjid dengan gerakan salat Subuh berjamaah hingga kegiatan khatam Alquran santri binaan Pemkab Mamuju.

“Di penghujung tahun ini tepatnya besok kita akan khatamkan lagi sebanyak lima ribu santri, kegiatan itu juga akan di teruskan dengan kegiatan peringatan Maulid Nabi. Pada malam pergantian tahun akan dilaksanakan Dzikir Akbar di anjungan Pantai Manakarra,” terangnya.

Namun demikian, Habsi menegaskan rangkaian kegiatan tutup tahun yang dilaksanakan pemkab Mamuju di Anjungan Pantai Manakarra tidak jadi penghalang bagi masyarakat yang ingin memeriahkan malam tahun baru dengan berbagai kegiatan.

“Selama tidak saling mengganggu dan tetap saling menjaga toleransi, yang mau hiburan di luar silahkan. Tapi yang mau nuansa berbeda dengan dzkir ayo sama-sama kita hadir dianjungan,” harap bupati.

Kepala Bagian Kesejahtraan Rakyat Setda Kab. Mamuju H.Muhtar menjelaskan, untuk acara dzikir pihaknya telah mengundang sejumlah Muballiq dari tingkat Nasional, seperti Ustadz. H. Nuhun Jamal, S.Ag, Ustadz. H. Arif Sulle dan K.H. Namru Asdar, S.Ag. (hm/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekspos Mamuju

To Top