Connect with us
pasang

Ekspos Sulbar

KPU Mamasa Beri Pendidikan Pemilu Kepada Penyandang Disabilitas

Ekspos Mamasa

KPU Mamasa Beri Pendidikan Pemilu Kepada Penyandang Disabilitas

ekspossulbar.com, MAMASA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mamasa memberikan Pendidikan pemilih dan Sosialisasi Pemilu 2019 kepada penyandang disabilitas. Kegiatan tersebut dilaksakan di Aula kantor Camat Sumarorong, Kamis (13/12/2018).

Ketua KPU Mamasa Jony Rambulangi mengatakan, kegiatan pendidikan pemilih dan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pemilu 2019 kepada kelompok penyandang disabilitas.

Sebab, keterbatasan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas ini akan berpotensi menyebabkan hilangnya informasi terkait pemilu 2019 yang seharusnya didapatnya.

Ia mengatakan kegiatan sosialisasi dipusatkan di kecamatan Sumarorong yang melibatkan penyandang Tuna Netra, Tuna Wicara, dan Tuna Grahita yang jumlahnya sebanyak kurang lebih 30 orang

“Jadi kita sengaja melakukan pendidikan ini agar teman-teman Disabilitas pada hari pencoblosan sudah terbiasa, dan mengetahui tata cara mencoblos,” kata Jony di Aula kantor kecamatan Kamis 13 Desember.

Selain itu, Jony juga menjelaskan, dalam kegiatan kali ini juga pihaknya turut mensosialisasikan perihal syarat pendampingan bagi teman-teman disabilitas yang mungkin membutuhkan pendampingan pada saat pencoblosan.

“Mereka yang butuh pendampingan harus mengisi form C3 pada saat mau mencoblos, form itu bisa diambil di petugas KPPS di tiap-tiap TPS,” ujarnya

Jony menekankan, petugas TPS dapat mendesain TPS yang ramah bagi teman-teman Disabilitas dan memberikan ruang lebih dulu untuk memberikan hak suaranya dari pada masyarakat Normal.

“kita yang normal sedikit mengalah dengan teman-teman disabilitas,” ungkap.

Ditempat yang sama peserta sosialisasi Sadak yang merupakan tuna netra masyarakat Sumarorong mengatakan, dirinya menyambut dengan baik kegiatan yang berlangsung, yang selama ini jarang dilakukan oleh KPU.

“Saya salut dengan kegiatan KPU kali ini, kegiatan ini sangat luar biasa karena selama pemilihan baru kali ini diadakan sosialisasi semacam ini terutama bagi penyandang disabilitas ,” tutur Sadak (mil)

Continue Reading
Advertisement
Loading...
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekspos Mamasa

Loading...
To Top