Connect with us
pasang

Ekspos Sulbar

Getaran Gempa Donggala Terasa ke Mamuju

Rumah warga amruk akibat gempa dengan kekuatan 7,7 SR. (Foto Kiriman Eris Riswandi melalui akun Facebook)

NASIONAL

Getaran Gempa Donggala Terasa ke Mamuju

JAKARTA — Getaran gempa bumi berkekuatan 7,7 skala richter (SR) yang berpusat di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9), terasa hingga ke wilayah Mamuju dan Gorontalo.

Getaran gempa yang berlangsung pada pukul 18.06 Wita, membuat warga yang berada di dalam rumah berlarian keluar mencari tempat-tempat yang aman.

“Baru kali ini getaran gempat kami rasakan cukup keras. Lampu di teras rumah saya bergoyang sangat kencang, bahkan air di bak penampungan kamar mandi sempat tumpah akibat kuatnya getaran gempa,” kata seorang warga Mamuju Fadil, seperti dikutip dari antara.

Akibat gempa tersebut, listrik di kawasan Kabupaten Mamuju sempat padam.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Kabupaten Mamuju, Hamdhan Malik, membenarkan dampak getaran yang cukup kuat yang dirasakan di wilayah itu akibat gempa yang melanda wilayah Sulteng-Sulbar pada Jumat petang.

“Getaran cukup keras dirasakan di Kota Mamuju,” katanya.

Akibat gempat tersebut, lanjut Hamdhan, jembatan yang berada di kawasan Jalan Arteri, tepatnya di depan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulbar mengalami penurunan hingga 30 centimeter.

Namun, ia juga belum bisa memastikan dampak kerusakan lainnya yang ditimbulkan akibat gempa yang melanda kawasan Kabupaten Mamuju pada Jumat petang itu.

“Saat ini kami masih mencari apakah ada rumah atau bangunan yang rusak akibat getaran gempa itu,” kata Hamdhan.

Menurut informasi BMKG gempa dengan magnitude 7.7 SR terjadi pada 18.02 wita dan berpusat di 27 km Timur Laut Donggala dengan Kedalaman sekitar 10 Km, dan berpotensi tsunami.

Namun, BMKG kemudian mencabut status tsunami tersebut.

Source: CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in NASIONAL

Loading...
To Top